MEMBANGUN FONDASI
PEMBINAAN SEPAKBOLA USIA DINI
YANG LEBIH KOKOH
UNTUK MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN
SEPAKBOLA INDONESIA
OLEH : M. ACHWANI
MANAJEMEN SPORT UTAMA
PENDAHULUAN :
PERKEMBANGAN SEPAKBOLA USIA DINI ATAU GRASS ROOTS
(S/D JENJANG USIA 12 TAHUN) DI INDONESIA BEGITU PESAT PERKEMBANGANNYA,
KEGIATAN LATIHAN DAN PERTANDINGAN DIADAKAN DIMANA-MANA, SEKOLAH
SEPAKBOLA (SSB) ATAU AKADEMI SEPAKBOLA (AS) TUMBUH SUBUR DI TANAH AIR, MEMBANGUN FONDASI SEPAKBOLA INDONESIA.
BEGITU SEMARAKNYA KEGIATAN SEPAKBOLA USIA DINI, ADA YANG DIORGANISIR SENDIRI OLEH SSB DAN AS BERSANGKUTAN, ASOSIASI, LIGA, PENGCAB, PENGPROV DAN PSSI, SERTA PIHAK LAIN YANG PEDULI TERHADAP PEMAIN USIA DINI, DENGAN MENYELENGGARAKAN BERBAGAI KEGIATAN SEPERTI LATIHAN RUTIN, MITRA TANDING, FESTIVAL SEPAKBOLA, COACHING CLINIC, FESTIVAL PELATIHAN SEPAKBOLA USIA DINI (GRASSROOTS FOOTBALL FESTIVAL), SELEKSI PEMAIN, WORKSHOP ATAU SEMINAR, DLL.
ADA PULA YANG
DISELENGGARAKAN OLEH PERUSAHAAN BESAR, KLUB DAN ORGANISASI PENYELENGARA
DARI EROPA ATAU KLUB DARI AMERIKA LATIN, YANG MELAKUKAN BERBAGAI
KEGIATAN SEPERTI MENYELENGGARAKAN FESTIVAL, KAMP LATIHAN, COACHING CLINIC (TERMASUK OLEH BINTANG SEPAKBOLA TERNAMA), SERTA MEMBUKA SSB ATAU AS DI INDONESIA.
DALAM KEGIATAN
FESTIVAL SEPAKBOLA INTERNASIONAL, TIM YANG MEWAKILI INDONESIA BISA
MENUNJUKAN PRESTASI MEMBANGGAKAN, ADA PENGAMAT ASING YANG MENGATAKAN
“TIM INDONESIA DAN
PEMAINNYA MEMILIKI BAKAT BAGUS.” UNGKAPAN ITU MEMBUAT KITA PERCAYA
BAHWA DIMASA DEPAN, INDONESIA AKAN MEMILIKI BANYAK PEMAIN HANDAL DAN
AKAN MEMILIKI KESEBELASAN NASIONAL TANGGUH YANG DAPAT BERPRESTASI DI
ARENA PERTANDINGAN INTERNASIONAL.
SAAT MEMASUKI
JENJANG PEMAIN USIA MUDA(14 TAHUN KEATAS), BAKAT DIMILIKINYA MASIH CUKUP
UNTUK BERSAING, TETAPI KETIKA MENGINJAK USIA SENIOR,TERNYATA BAKAT YANG
DIMILIKINYA BELUM CUKUP UNTUK BISA BERSAING DI ARENA PERTANDINGAN
INTERNASIONAL. HAL TERSEBUT TENTU HARUS DICARI TAHU APA PENYEBABNYA?
KEMUDIAN CARI CARA PEMECAHANNYA!,SUPAYA BISA MENJAGA KESINAMBUNGAN
PRESTASI BERJENJANG. UPAYA
PERBAIKAN HARUS MULAI DILAKUKAN SEJAK SEKARANG, DENGAN TERLEBIH DAHULU
MENGIDENTIFIKASI SEMUA CARA PENANGANAN SELAMA INIAPAKAH SUDAH BENAR? DAN BILA ADA YANG KURANG BENAR DILAKUKAN SELAMA INI,LAKUKAN SEGERA PERBAIKAN DAN MULAI DARI YANG MUDAH UNTUK DILAKSANAKAN.
MENANGANI PEMAIN USIA DINI :
MENANGANI PEMBINAAN PEMAIN USIA DINI ATAU DALAM BAHASA KERENNYA GRASSROOTS, MERUPAKAN USIA EMAS DARI RANGKAIAN PEMBINAAN SEPAKBOLA YANG BERJENJANG, TIDAKLAH SAMA DENGAN MENANGANI PEMAIN USIA MUDA APALAGI USIA SENIOR. PEMAIN DI USIA INI HARUS DIBIMBING HATI-HATI SESUAI TINGKAT USIANYA. DALAM
JENJANG INI MEREKA MULAI DIPERKENALKAN KEPADA TEKNIK DASAR SEPAKBOLA
DENGAN BAIK DAN BENAR, ATAU TEKNIK DASAR YANG DIBERIKAN TIDAK BOLEH
SALAH, KARENA BILA SALAH HAL ITU BISA AKAN TERUS TERBAWA SAMPAI USIA MUDA DAN USIA SENIOR.
PEMBINAAN SEPAKBOLA USIA DINI BISA JUGA DIARTIKAN AKAR RUMPUT, PEMBINAAN DASAR ATAU PEMBINAAN AWAL DARI RANGKAIAN PEMBINAAN JANGKA PANJANG, KINI BERTAMBAH MARAK, DENGAN BERBAGAI MACAM KEGIATAN YANG DILAKUKAN BANYAK PIHAK YANG PEDULI SEPAKBOLA USIA DINI, FENOMENA TERSEBUT DIYAKINI SEBAGAI INDIKASI AKAN DATANGNYA KEMAJUAN SEPAKBOLA INDONESIA DI MASA DEPAN.
KEMAJUAN DIMAKSUD AKAN DATANG LEBIH CEPAT BILA SEMUA KEGIATAN DIATUR DALAM SEBUAH SISTEM JARINGAN, YANG TERINTEGRASIKAN DAN KALENDER TETAP DISETIAP TAHUNNYA, SERTA MENGINDUK KE BADAN OTORITAS SEPAKBOLA NASIONAL (PSSI). KARENA SELAMA INI BERBAGAI KEGIATAN ITU DILAKUKAN SENDIRI-SENDIRI SEPERTI TANPA ADA HUBUNGAN SATU SAMA LAIN, KECUALI BEBERAPA DIANTARANYA SUDAH MULAI MELAKUKAN KOLABORASI DALAM KEGIATANNYA.
DIMASA DATANG TAMPAKNYA SEMUA KEGIATAN SEPAKBOLA USIA DINI HARUS DILAKUKAN SECARA TERINTEGRASI, TERPADU,
BERTAHAP DAN BERKESINAMBUNGAN TANPA TERPUTUS-PUTUS DISEPANJANG TAHUN,
SUPAYA BERJALAN LEBIH BAIK DAN AKAN LEBIH MEYAKINKAN KITA AKAN DATANGNYA
KEMAJUAN SEPAKBOLA DI TANAH AIR DALAM WAKTU TIDAK LAMA LAGI.
APALAGI BILA DIDUKUNG SEBUAH PUSAT DATA BASE PEMAIN DARI BADAN OTORITAS SEPAKBOLA NASIONAL, SEHINGGA PERKEMBANGAN SEPAKBOLA USIA DINI YANG DILAKUKAN BANYAK PIHAK DI BERBAGAI DAERAH, BISA TEREKAM JEJAKNYA DENGAN BAIK, DALAM SEBUAH BANK DATA PEMAIN, TEMPAT MENYIMPAN REKAM JEJAK PRESTASI PEMAIN DI SEMUA KEGIATAN
SEPAKBOLA, YANG AKAN MEMUDAHKAN PEMANDUAN BAKAT PEMAIN ATAU MEREKRUT PEMAIN KESEBELASAN NASIONAL DISEGALA JENJANG USIA.
PEMBINAAN PEMAIN USIA DINI MERUPAKAN FONDASI PEMBINAAN PEMAIN DI JENJANG AWAL, SEBELUM MEMASUKI JENJANG PEMAIN USIA MUDA 14 TAHUN KEATAS, DILANJUTKAN SAMPAI DENGAN PEMBINAAN PEMAIN SENIOR 19 TAHUN KEATAS. BILA FONDASINYA KOKOH DI JENJANG PEMBINAAN PEMAIN USIA DINI INI TENTU IA AKAN BISA MENOPANG JENJANG PEMBINAAN DIATASNYA, TETAPI BILA FONDASINYA BELUM KOKOH TENTU SAJA BELUM BISA MENOPANG JENJANG PEMBINAAN DIATASNYA.
SEPERTI YANG
TERJADI SEKARANG PEMBINAAN PEMAIN USIA DINI YANG SUDAH LAMA BEGITU
SEMARAK SEJAK AKHIR ABAD 20, SAMPAI SAAT INI BELUM BISA MENGHASILKAN
PEMAIN HANDAL DIDALAM MEMBENTUK KESEBELASAN NASIONAL TANGGUH YANG DAPAT
BERPRESTASI DI ARENA PERTANDINGAN INTERNASIONAL, KARENA SAAT ITU MUNGKIN
BELUM ADA ARENA PERTANDINGAN INTERNASIONAL YANG DAPAT DIIKUTI OLEH PARA
PEMAIN USIA DINI SEPERTI SEKARANG.
BERBEDA DENGAN SEKARANG DALAM DEKADE KEDUA ABAD KE 21 INI, BANYAK SUDAH ANAK-ANAK PEMAIN USIA DINI MENGIKUTI KEGIATAN DI ARENA PERTANDINGAN INTERNASIONAL, SEPERTI MENGIKUTI DAN BERPRESTASI DIBERBAGAI FESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI DI LUAR NEGERI, KEMUDIAN MENGIKUTI FESTIVAL PELATIHAN SEPAKBOLA BAGI PEMAIN USIA DINI (GRASSROOTS FOOTBAL FESTIVAL), MENGIKUTI KAMP LATIHAN SEPAKBOLA DI LUAR NEGERI, MENGIKUTI COACHING CLINIC YANG DIPANDU OLEH PEMAIN KENAMAAN DUNIA, MUDAH-MUDAHAN DAPAT TERASA HASILNYA SEPULUH TAHUN KEDEPAN, DENGAN
MELAHIRKAN PEMAIN HANDAL DAN MEMBENTUK KESEBELASAN NASIONAL TANGGUH
YANG DAPAT BERPRESTASI DI ARENA PERTANDINGAN INTERNASIONAL.
SAATNYA SEKARANG BAGI PARA PEMBINA UNTUK MENGEVALUASI KEMBALI CARA MEMBINA PEMAIN USIA DINI, YANG SEMENTARA INI SUDAH DIANGGAP BAIK, KEMUDIAN DITINGKATKAN LAGI AGAR MENJADI JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA.
YANG PERLU DILAKUKAN SEKARANG BILA INGIN MEMPERKOKOH FONDASI PEMBINAAN SEPAKBOLA USIA DINI ADALAH BEKERJA DENGAN LEBIH SISTEMATIS, TERARAH, MENINGKATKAN BOBOT LATIHAN DAN CARA MENANGANI PEMAIN USIA DINI, DENGAN MENGGUNAKAN ATAU MEMPERHATIKAN BERBAGAI PANDUAN SEBAGAI ACUAN, DASAR DAN MODE UNTUK MELAKUKAN KEGIATAN PEMBINAAN PEMAIN, DARI BERBAGAI SUMBER YANG BERASAL DARI BUKU, MEDIA, INTERNET. SEMINAR, WORKSHOP, PELATIHAN, COACHING CLINIC, PENYEGARAN DAN KURSUS PELATIH YANG DIADAKAN BADAN OTORITAS SEPAKBOLA.
LAKUKANLAH DENGAN MULAI MERUJUK KEPADA PANDUAN-PANDUAN SEPERTI PANDUAN FIFA TENTANG GRASSROOTS, 2012, BAGI PELATIH, PENGURUS ATAU OFISIAL DAN TERMASUK ORANG TUA. PANDUAN DARI AFC, VISION ASIA-VISION INDONESIA TENTANG GRASSROOTS. PANDUAN DARI PSSI TENTANG KURIKULUM & PEDOMAN DASAR SEPAKBOLA INDONESIA, KHUSUSNYA YANG DIPERUNTUKAN BAGI PEMAIN USIA DINI, ATAU PANDUAN PSSI LAINNYA, SEPERTI TENTANG FASE PEMBINAAN PEMAIN, TERMASUK BAGI PEMAIN USIA DINI SEBAGAIMANA DIATUR DALAM PERATURAN ORGANISASI (PO) TENTANG KOMPETISI, KURIKULUM & PEDOMAN DASAR SEPAKBOLA INDONESIA, SERTA SILABUS KURIKULUM DAN MATERI KURSUS PELATIH LISENSI D.
KEMUDIAN BISA DIJADIKAAN PANDUAN PULA SEPERTI TENTANG KRITERIA LATIHAN KELOMPOK USIA (SEPERTI YANG TERCANTUM DALAM C LICENCE COACHING AWARD, AFC-PSSI), MANUAL BPPUM PSSI, PERATURAN PERMAINAN KHUSUS PEMAIN BERUSIA 10 DAN 12 TAHUN, TENTANG CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI DAN FESTIVAL PELATIHAN SEPAKBOLA USIA DINI (GRASSROOTS FOOTBALL FESTIVAL) SERTA FIFA FAIR PLAY.
PANDUAN-PANDUANTENTANG MENANGANI PEMAIN USIA DINI :
FIFA GRASSROOTS ATAU PEMBINAAN PEMAIN USIA DINI SAMPAI DENGAN USIA 12 TAHUN, DENGAN FILOSOFI SEPAKBOLA USIA DINI (PHILOSOPHY OF GRASSROOTS FOOTBALL) ADALAH :
1. SEPAKBOLA
UNTUK SEMUA ORANG, SEPAKBOLA DAPAT DIMAINKAN DIMANA SAJA TANPA
MEMBEDAKAN USIA, GENDER, KEPERCAYAAN, ETNIK, LATAR BELAKANG SOSIAL DAN
TINGKAT KEBUGARAN.
2. SEBAGAIMANA DISEBUTKAN DIATAS, BAHWA SEPAKBOLA DAPAT DIMAINKAN DIMANA SAJA. PROGRAM USIA DINI FIFA MEMBAWA SEPAKBOLA UNTUK USIA 6 SAMPAI 12 TAHUN DI SELURUH DUNIA.
3. SEPAKBOLA ADALAH SEBUAH SEKOLAH FAIR PLAY SEUMUR HIDUP, SEMANGAT BEKERJASAMA, PERTEMANAN MERUPAKAN SEDIKIT DARI BANYAK NILAI YANG DIDAPATKAN DARI SEPAKBOLA.
4. HAL
TERSEBUT JUGA UNTUK KESENANGAN YANG MERUPAKAN HAL TERPENTING DALAM
PELATIHAN SEPAKBOLA, SERTA MENGAJARKAN PERMAINAN BUKAN KEMENANGAN DALAM
SEMUA TUJUAN.
5. BIARKAN ANAK-ANAK DIBERIKAN KEBEBASAN SAAT BERMAIN SEPAKBOLA YANG DIPERUNTUKAN BAGI PESEPAKBOLA USIA DINI AGAR BERGAIRAH DAN MENDAPATKAN PENGHARGAAN.
DALAM VISION ASIA YANG DITERJEMAHKAN MENJADI VISION INDONESIA, GRASSROOTS FOUNDATION ATAU FONDASI USIA DINI ADALAH SALAH SATU PROGRAM PENTING DIANTARA 11 ELEMEN PENGEMBANGAN PROGRAM. DALAM VISION INDONESIA FASE USIA DINI DIBAGI DUA JENJANG USIA, YAITU JENJANG USIA 6-10 TAHUN DAN 11-13 TAHUN.
PROGRAM KERJA PADA PHASE 1, PHASE GEMBIRA (6-10 TAHUN) :
1. SOSIALISASI PENGETAHUAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA.
2. PROMOSI DAN PENGENALAN PERMAINAN SEPAKBOLA GEMBIRA (FUN FOOTBALL).
3. MEMPROMOSIKAN PROGRAM PPLP.
PROGRAM KERJA PADA PHASE 2, FASE FONDASI (11-13 TAHUN):
1. MEMBENTUK KEAHLIAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA.
2. FESTIVAL KOTA, ANTAR SEKOLAH DASAR DAN ATAR SSB.
3. FESTIVAL NASIONAL ANTAR PENGPROV.
4. PEMANDUAN BAKAT UNTUK PPLP.
5. PEMBENTUKAN TIM NASIONAL U13.
SEBAGAIMANA TERCANTUM DALAM PO PSSI TENTANG KOMPETISI, FASE-FASE PEMBINAAN SEPAKBOLA DIBAGI DALAM 4 FASE, DIMANA UNTUK PEMAIN USIA DINI MASUK DALAM FASE HIBURAN (FUN PHASE) USIA 6 S/D 10 TAHUN DAN FASE PEMBENTUKAN (FOUNDATION PHASE) USIA 11 S/D 13 TAHUN.
PARA PEMAIN DIBERIKAN DASAR PERGERAKAN DAN KEMAMPUAN BERKOORDINASI
MELALUI PERMAINAN DAN MENGELUARKAN SEGALA KEMAMPUAN FISIKNYA DAN
DIAJARKAN KEGIATAN-KEGIATAN MELALUI PERGERAKAN SECARA MELEBAR.
KARAKTERISTIK PEMAIN DALAM FASE HIBURAN,
SENANG BERGERAK, TIDAK ADA PERUBAHAN OTOT SECARA MENYELURUH,
KONSENTRASI SINGKAT, SENSITIFITAS TINGGI, KUAT MEMILIKI FIGUR IDOLA
PEMAIN, PERUBAHAN SECARA INDIVIDUAL PERTUMBUHAN DAN SECARA FISIK.
PERTIMBANGAN DALAM FASE HIBURAN,
BELAJAR UNTUK MENIKMATI PERMAINAN SEPAKBOLA, MEMBERI MATERI-MATERI
DASAR, MENGAJARKAN KEMAMPUAN DASAR-DASAR, MENCIPTAKAN MODEL ATURAN
SEPERTI BAIK, BERSAHABAT, FAIR PLAY. ETIKA MENGHORMATI LAWAN, PETUGAS PERTANDINGAN DAN MEMPROMOSIKAN FAIR PLAY. LATIHAN UNTUK USIA INI TIDAK HARUS MENCONTOH LATIHAN ORANG DEWASA, TETAPI DISESUAIKAN DENGAN KEPERLUAN PEMAIN ITU SENDIRI.
DALAM FASE PEMBENTUKAN, USIA INI MERUPAKAN USIA EMAS
UNTUK BELAJAR BERHUBUNGAN DENGAN MOTORIK PENGEMBANGAN PEMAIN, KEAHLIAN
DASAR BERMAIN SEPAKBOLA YANG HARUS DITETAPKAN PADA USIA DINI.
KARAKTER PEMAIN DALAM FASE PEMBENTUKAN,
PENGEMBANGAN VARIASI DAN KEMAMPUAN MOTORIK, KEMAMPUAN UNTUK BELAJAR
KEAHLIAN/PENGETAHUAN BARU. PENGENALAN DIRI, ORANG TUA DAN PELATIH.
PERTIMBANGAN DALAM FASE PEMBENTUKAN, MENCONTOHKAN
TEKNIK LATIHAN YANG BENAR DAN SERING BERLATIH. AJARKAN KEMAMPUAN TEKNIK
SISTEMATIS. BANTU MEREKA UNTUK INDEPENDEN DAN MENERIMA TANGGUNG JAWAB
ATAS TINDAKANNYA. CIPTAKAN MODEL ATURAN YANG BENAR. MENGHARGAI MEREKA
ATAS SETIAP USAHA DAN KERJA KERAS. MENANAMKAN KEPADA MEREKA UNTUK SELALU
MENGHARGAI HASIL PERTANDINGAN BAIK ITU MENANG MAUPUN KALAH.
PENGEMBANGAN SKILL LEBIH PENTING DARIPADA PERTANDINGAN. MOTIVASI MEREKA
UNTUK DAPAT BERMAIN DISEGALA POSISI.
FASE GEMBIRA DAN FASE DASAR (GRASSROOTS FUN PHASE AND FUNDATION PHASE) SEBAGAIMANA TERCANTUM DALAM SILABUS KURIKULUM DAN MATERIKURSUS PELATIH LISENSI D, ANTARA LAIN ADALAH
(PENDAHULUAN) MATA
PELAJARAN YANG MEMBAHAS TENTANG TAHAP-TAHAP LATIHAN DI USIA 13 TAHUN
KEBAWAH, DIMANA TAHAP-TAHAP TERSEBUT ADALAH TAHAP SENANG BERMAIN DAN TAHAP PERKEMBANGAN DASAR. UNTUK ITU PELATIH PERLU MENGETAHUI TAHAPAN DI USIA TERSEBUT AGAR PROSES LATIHAN DAPAT TERCAPAI.
(TUJUAN) MEMILIKI PENGETAHUAN TENTANG GRASSROOTS FASE SENANG DAN FASE FONDASI DALAM SEPAKBOLA SESUAI TAHAP TERSEBUT.
(MATERI) TERDIRI DARI DUA BAGIAN, FASE SENANG (6-10 TAHUN) DAN FASE FONDASI (11-13 TAHUN).
PERANAN PELATIH:
1. MEMBERIKAN ANAK-ANAK PENGALAMAN POSITIF, MELALUI DUKUNGAN DAN DORONGAN SEMANGAT YANG DIBERIKAN PELATIH, TERPENTING UNTUK DISADARI BAHWA ANAK-ANAK JANGAN PERNAH DIBIARKAN TAK TERLINDUNGI TERHADAP HARAPAN-HARAPAN YANG TIDAK REALISTIS.
2. PERANAN PELATIH UNTUK MEMIKAT LEBIH BANYAK ANAK-ANAK PADA PERMAINAN INI DAN SELANJUTNYA MEMBAWA MEREKA TERLIBAT SECARA PERMANEN.
3. SELAMA
INTERAKSI DENGAN ANAK-ANAK, PELATIH DIMINTA UNTUK MEMPERSIAPKAN
LINGKUNGAN KONDUSIF UNTUK BELAJAR. TEKANAN HARUS PADA PARTISIPASI PENUH,
DAN PERBAIKAN KETERAMPILAN INDIVIDU DAN MENGASUH MEREKA DENGAN SEMANGAT
TIM YANG BAIK.
PERANAN ORANG TUA DAN PENGURUS ANTARA LAIN :
1. UNTUK MEMASTIKAN ANAK-ANAK
MENERIMA MANFAAT TERBESAR DARI KETERLIBATAN MEREKA DALAM SEPAKBOLA,
DIREKOMENDASIKAN ADANYA PERATURAN MENGENAI PERILAKU PARA ORANG TUA DAN
PENGURUS PADA SAAT PERTANDINGAN DAN LATIHAN HARUS DIBERLAKUKAN.
2. PERATURAN MENGENAI PERLAKU ORANG TUA ANTARA LAIN HARUS MEREFLEKSIKAN PRINSIP-PRINSIP BERIKUT :
- MENDORONG PARA PEMULA YANG BERMINAT BERMAIN SEPAKBOLA.
- MENDORONG ANAK-ANAK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN DASAR DAN HINDARI SPESIALISASI BERLEBIHAN DI SATU POSISI SELAMA TAHUN-TAHUN PEMBENTUKAN.
- JANGAN PERLAKUKAN ANAK SEOLAH IA ADALAH MINIATUR DARI ORANG DEWASA.
- JANGAN MEMARAHI ATAU BERTERIAK PADA ANAK UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN-KEPUTUSAN.
- JANGAN PERNAH MEMBERIKAN KEBERHASILAN PRIBADI MELEBIHI PENTINGNYA TUJUAN PENDIDIKAN.
- JANGAN MENGANGGAP KEBERHASILAN TIM HANYA TERGANTUNG PADA PELATIH SENDIRI.
- FOKUS PADA USAHA ANAK DAN PENAMPILANNYA DARI PADA HASIL PERTANDINGAN.
- AJARKAN ANAK-ANAK TENTANG FAIR PLAY, MENERIMA KEKALAHAN TANPA KEKECEWAAN BERLEBIHAN.
- MENDORONG ANAK-ANAK SUPAYA SELALU BERMAIN SESUAI ATURAN DAN MENGHORMATI KEPUTUSAN PARA OFISIAL DAN PELATIH.
- TIDAK PERNAH PARA PEMAIN, PENONTON DAN OFISIAL BOLEH DITERTAWAKAN DAN DILECEHKAN.
- HARUS SABAR. BEBERAPA ANAK MEMERLUKAN WAKTU LEBIH LAMA UNTUK BERKEMBANG DARI PADA YANG LAIN.
- AJARI ANAK-ANAK UNTUK MENGHARGAI DAN MENGAKUI NILAI DAN PENTINGNYA PARA PELATIH, ORANG TUA DAN PARA OFISIAL.
- CIPTAKAN KESEIMBANGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SEORANG PEMAIN.
- SIAPKAN MAKANAN YANG BERGIZI DAN PEMELIHARAAN KESEHATAN YANG BENAR.
KURIKULUM & PEDOMAN DASAR SEPAKBOLA INDONESIA, UNTUK USIA DINI (U5-U12), USIA MUDA (U13-U20) & SENIOR. YANG BERISIKAN PROSES PEMBINAAN SEPAKBOLA YANG BENAR, DIMANA PADA BAB III, BERISIKAN KURIKULUM SESUAI KELOMPOK USIA, TERMASUK UNTUK TINGKAT PEMULA DAN TINGKAT DASAR.
TINGKAT PEMULA (FUN FASE), - 5 SAMPAI 8 TAHUN :
PADA KELOMPOK USIA INI, ANAK-ANAK BELUM
MEMILIKI KEMAMPUAN SAMA SEPERTI ORANG DEWASA UNTUK MENGERTI SITUASI.
MEREKA BARU MEMAHAMI DUNIA DENGAN PEMAHAMAN YANG BERPUSAT PADA DIRI
SENDIRI.
BAGI ANAK-ANAK
MENGALAMI KEBERSAMAAN DAN BERHUBUNGAN DENGAN TEMAN-TEMANNYA MASIH
SANGAT BERPENGARUH. JUGA PENGERTIAN PADA PERASAAN ATAU PIKIRAN ORANG
LAIN SANGAT RENDAH, DALAM RANGKA MENOLONG ANAK-ANAK MEMBANGUN PENGALAMAN MEREKA SENDIRI, BANYAK LATIHAN BERSIFAT INDIVIDU (MISALNYA SETIAP PEMAIN MEMILIKI BOLA MASING-MASING).
HAL YANG BERSIFAT
TAKTIK DALAM PERTANDINGAN DISEDERHANAKAN DALAM PERMAINAN DI LAPANGAN
KECIL (40 X 20 M) DENGAN SEDIKITNYA PEMAIN (4 V 4, DENGAN PENJAGA GAWANG
5 V 5). WAKTU LATIHAN AKAN JUGA MENYOROTI KELOMPOKTI PELATIHAN OLAHRAGA
SECARA UMUM DAN TIDAK MELULU PELATIHAN SEPAKBOLA.
UNTUK KEPENTINGAN LATIHAN DIBAGI TINGKAT PEMULA DALAM 2 KELOMPOK, YAITU KELOMPOK 5-6 TAHUN DAN KELOMPOK 7-8 TAHUN.
TINGKAT DASAR (FONDASI), 9 SAMPAI 12 TAHUN :
PADA TINGKAT INI
SUSUNAN PELATIHAN (BUKAN MATERI LATIHAN) SUDAH MIRIP DENGAN PEMAIN LEBIH
TUA. BAGIAN TERPENTING LATIHAN ADALAH BERSIFAT TEKNIS. SANGAT BAIK
DALAM USIA INI MENGEMBANGKAN TEKNIK DAN PENGERTIAN AKAN TAKTIK DASAR. KEMAMPUAN ANAK-ANAK
UNTUK MENGATASI MASALAH AKAN BERKEMBANG DENGAN PESAT. MAKA PEMAIN HARUS
MULAI DIAJARKAN TAKTIK DASAR JUGA TIM, MISALNYA PADA TINGKAT INI,
PEMAIN ADA PADA MASA PRA PUBER DAN
MEMILIKI MASALAH KETERBATASAN FISIK TERUTAMA PADA KEKUATAN DAN
KELENTUKANNYA. LATIHAN FISIK YANG HANYA SEBATAS KECEPATAN DENGAN BOLA,
KELINCAHAN (EGALITY) DAN KOORDINASI.
UNTUK KEPENTINGAN LATIHAN DIBAGI TINGKAT DASAR DALAM DUA KELOMPOK, YAITU KELOMPOK 9-10 TAHUN DAN KELOMPOK 11-12 TAHUN.
PANDUAN BERIKUTNYA YAITU “KRITERIA LATIHAN KELOMPOK USIA” BERDASARKAN C LICENCE COACHING AWARD, BIDANG/DEPARTEMEN TEKNIK PSSI, TAHUN 1999.
DIMANA PADA BAB VI BERISIKAN KRITERIA LATIHAN KELOMPOK USIA, DIBAGI
DALAM BEBERAPA FASE, FASE I UNTUK DIBAWAH USIA 8 TAHUN, FASE II 8-10
TAHUN (FASE I BELAJAR GOLDEN AGE) DAN FASE III 10-12 TAHUN (FASE KE II DARI MASA BELAJAR GOLDEN AGE).
FASE I DIBAWAH 8 TAHUN :
PENTING SEKALI
JUMLAH SENTUHAN SEBANYAKNYA PADA BOLA UNTUK TIAP PEMAIN, LAPANGAN YANG
KECIL, MELATIH INDIVIDUAL SKILL SUPAYA MENINGKAT KETERAMPILANNYA,
MENCIPTAKAN SUASANA GEMBIRA PADA PARA PEMAIN, SEHINGGA MEREKA MENIKMATI
PERMAINAN SEPAKBOLA. PENGORGANISASIAN PERSIAPAN LATIHAN DAN PERTANDINGAN
DILAKUKAN DILINGKUNGAN SENDIRI, KONDISI FISIKNYA BARU DIMULAI.
PERTIMBANGAN MENGORGANISIR LATIHAN :
- AKTIVITAS SOSIAL, PERSAUDARAAN, KERJASAMA DITONJOLKAN DALAM KELOMPOK INI.
- TIAP PEMAIN DIHARGAI SAMA, MENDAPAT PERLAKUAN INDIVIDU YANG SAMA DARI PELATIH.
- TIAP PEMAIN MENDAPAT KESEMPATAN SAMA DALAM MITRA LATIH ATAU PERTANDINGAN.
- KESENANGAN DAN KEGEMBIRAAN, KEAMANAN KELOMPOK DAN PERCAYA DIRI ADALAH ELEMEN POKOK YANG MENONJOL.
- TEKANAN UNTUK MENANG TAK BOLEH ADA PADA KELOMPOK USIA INI.
- ANAK-ANAK PADA KELOMPOK USIA INI SELALU INGIN BERGERAK DAN SELALU INGIN AKTIF DAN TERLIBAT.
- LATIHAN DASAR HARUS DIBUAT BERVARIASI SEHINGGA TIDAK MEMBOSANKAN.
- PEMAIN BOLEH JUGA BELAJAR DARI MENCOBA DAN DARI KESALAHAN.
FASE II 8-10 TAHUN :
MENYANJUNG-NYANJUNG
PAHLAWAN SEPAKBOLA, HAUS AKAN SKILL YANG IMAJINATIF, SIFAT PETUALANGAN
YANG MEMANG MENJADI TIPE MENTAL KELOMPOK USIA INI DAN SELALU INGIN
MENIRU DAN MENGIKUTI TIM SUKSES.
SEKOLAH ADALAH TITIK SENTRAL DIMANA SEORANG ANAK YANG SEDANG TUMBUH MENGHABISKAN SEBAGIAN BESAR WAKTUNYA.
SEKOLAH SEPAKBOLA
DAN MASUK PERKUMPULAN SEPAKBOLA KEMUDIAN BELAJAR DAN BERTANDING
SEPAKBOLA SECARA PSIKOLOGIS MEMBERI MOTIVASI KEPADA PARA PEMAIN.
PADA KELOMPOK USIA INI ANAK-ANAK
SUDAH MEMPUNYAI MENTAL DAN KOORDINASI FISIK YANG BAIK, PARA PEMAIN
SUDAH SECARA PSIKOLOGIS DAPAT MENERIMA PENDAPAT DAN DAPAT MENGUASAI
TEKNIK DENGAN MUDAH DAN MENIRU IDOLA MEREKA SEHINGGA MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MEREKA MESKIPUN HANYA MEMPUNYAI WAKTU BELAJAR SEDIKIT.
FASE III 10-12 TAHUN :
PEMAIN USIA DINI
YANG BERBAKAT PADA USIA INI MEMBUTUHKAN SUATU SEKOLAH SEPAKBOLA ATAU
PERKUMPULAN SEPAKBOLA ATAU DIKLAT UNTUK MENINGKATKAN SKILL INDIVIDUNYA
DAN MEMPERKENALKAN PADANYA SUATU SEPAKBOLA YANG KOMPETITIF.
PADA USIA ANTARA 6-12 TAHUN, SKILL SEPAKBOLA YANG BENAR DIPELAJARI
SAMBIL BERMAIN/BERTANDING SEPAKBOLA DAN DIBARENGI DENGAN PROGRAM DAN
METODA SERTA RENCANA PENDIDIKAN SEPAKBOLA YANG BERTANGGUNG JAWAB.
JADI DIBENTUK LATIHAN YANG
DISEDERHANAKAN DAN PERTANDINGAN DIJALANKAN SEBAGAI ALAT UNTUK
MENGEMBANGKAN SKILL TEKNIK DAN PENGERTIAN DASAR TEKNIK.
BOLA HARUS JADI TITIK SENTRAL DARI
AKTIVITAS DENGAN BANYAK VARIASI DAN KEGEMBIRAAN. SASARANNYA ADALAH UNTUK
MEMPERLIHATKAN KEPADA ANAK-ANAK INI.
BANYAKNYA PERUBAHAN-PERUBAHAN SITUASI PERTANDINGAN YANG TERUS MENERUS
YANG MEREKA HARUS MENGERTI DAN MENGUASAI DENGAN CARA DIBERIKAN
DEMONSTRASI DAN DIBERITAHU MENGAPA MEREKA HARUS BERBUAT DEMIKIAN.
PELATIH YANG TELAH BERPENGALAMAN MELATIH HARUS MAMPU MELATIH ANAK-ANAK SECARA METODIK DAN EFEKTIF TANPA MENGHILANGKAN ANTUSIASME ANAK-ANAK TERSEBUT.
PRIORITAS HARUS DIBERIKAN KEPADA USAHA-USAHA YANG LANGSUNG MENDIDIK ANAK-ANAK, MERANGSANG SKILL DAN KEPERIBADIAN ANAK-ANAK SETIAP HARI.
SELAIN PANDUAN
DIATAS YANG LEBIH MENITIK BERATKAN PADA LATIHAN, PANDUAN BERIKUTNYA
ADALAH PANDUAN YANG MENYANGKUT PERMAINAN ATAU PERTANDINGAN, YAITU PERATURAN
PERMAINAN KHUSUS PEMAIN BERUSIA 10 TAHUN 5 V 5 (SATU TIM 5 PEMAIN) DAN
PERATURAN PERMAINAN KHUSUS PEMAIN BERUSIA 12 TAHUN 7 V 7 (SATU TIM 7
PEMAIN, YANG DITERBITKAN PSSI TAHUN 2002.
KETENTUAN
TERPENTING DIDALAM PERATURAN PERMAINAN INI ADALAH UKURAN LAPANGAN
PERMAINAN 40 X 20 METER BAGI USIA 10 TAHUN, 70 X 50 METER BAGI USIA 12
TAHUN. UKURAN GAWANG 1.50/180 X 3/3.50 METER. BOLA YANG DIPERGUNAKAN
NOMOR 3 ATAU NOMOR 4 BAGI USIA 10 TAHUN DAN BOLA NOMOR 4 BAGI USIA 12
TAHUN. JUMLAH PEMAIN SETIAP TIM 5 ORANG TERMASUK PENJAGA GAWANG UNTUK
USIA 10 TAHUN DAN JUMLAH PEMAIN SETIAP TIM 7 ORANG TERMASUK PENJAGA
GAWANG UNTUK USIA 12 TAHUN. LAMANYA PERTANDINGAN UNTUK USIA 10 TAHUN
TIDAK LEBIH DARI 2 X 20 MENIT, WAKTU ISTIRAHAT DIANTARA KEDUA BABAK 5
MENIT, DAPAT DIBERIKAN TAMBAHAN WAKTU YANG HILANG PADA BABAK KEDUA,
PERPANJANGAN WAKTU UNTUK MENENTUKAN PEMENANG 2 X 5 MENIT SETELAH WAKTU
ISTIRAHAT 3 MENIT. LAMANYA PERTANDINGAN UNTUK USIA 12 TAHUN 2 X 20 MENIT
ATAU MAKSIMAL 2 X 30 MENIT, WAKTU ISTIRAHAT DIANTARA KEDUA BABAK 5-10
MENIT, DAPAT DIBERIKAN TAMBAHAN WAKTU YANG HILANG PADA BABAK KEDUA,
PERPANJANGAN WAKTU UNTUK MENENTUKAN PEMENANG 2 X 10 MENIT SETELAH WAKTU
ISTIRAHAT 5 MENIT. TIDAK ADA OFSAID BAIK BAGI USIA 10 TAHUN MAUPUN 12
TAHUN.DLL.
FORMAT DAN
SISTEM PERTANDINGAN DIDALAM MANUAL BADAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN USIA
MUDA (BPPUM PSSI), 2011. KHUSUS UNTUK USIA 10, 11, 12 TAHUN.
1. FESTIVAL SEPAKBOLA U10 S/D 11 TAHUN:
1. JUMLAH PEMAIN 7 V 7 (12 PEMAIN).
1. JUMLAH PEMAIN 7 V 7 (12 PEMAIN).
2. UKURAN LAPANGAN 20 X 40 METER.
3. UKURAN BOLA NOMOR 3.
4. FORMAT PERTANDINGAN :
3. UKURAN BOLA NOMOR 3.
4. FORMAT PERTANDINGAN :
FORMAT I
- WAKTU PERMAINAN 1 X 15 MENIT.
- PERGANTIAN PEMAIN TIDAK ADA.PADA
BABAK PENYISIHAN PEMAIN YANG TELAH BERMAIN PADA PERTANDINGAN
PERTANDINGAN PERTAMA, PADA PERTANDINGAN BERIKUTNYA HARUS DIGANTIKAN 5
PEMAIN CADANGAN DITAMBAH 2 PEMAIN YANG TELAH BERMAIN DIPERTANDINGAN
SEBELUMNYA. DST.
FORMAT II
- WAKTU PERMAINAN 2 X 10 MENIT.
- PERGANTIAN PEMAIN PADA SAAT ISTIRAHAT DAN DAPAT DILAKUKAN SEJUMLAH DILAKUKAN SEJUMLAH PEMAIN CADANGAN SEKALIGUS.
2. FESTIVAL SEPAKBOLA U12 :
- JUMLAH PEMAIN 9 V 9 (15 PEMAIN),
- UKURAN LAPANGAN 50 X 70 METER.
- UKURAN BOLA NOMOR 4.
- FORMAT PERTANDINGAN :
- FORMAT I
- WAKTU PERMAINAN 1 X 20 MENIT.
- PERGANTIAN PEMAIN TIDAK ADA.
BERMAIN PADA PERTANDINGAN PERTAMA, HARUS
DIGANTIKAN OLEH PEMAIN YANG TELAH BERMAIN
PADA PERTANDINGAN SEBELUMNYA.
- FORMAT II
- WAKTU PERMAINAN 2 X 15 MENIT.
- PERGANTIAN PEMAIN PADA SAAT ISTIRAHAT DAPAT DILAKUKAN SEJUMLAH PEMAIN SEKALIGUS.
SELAIN PANDUAN DIATAS BERIKUT INI DISAMPAIKAN JUGA MODE PEMBINAAN YANG MEMADUKAN PROGRAM PELATIHAN DAN PERTANDINGAN YANG BERSIFAT PERSEORAANGAN MAUPUN TIM YANG DIDESAIN OLEH MANAJEMEN SPORT UTAMA (MSU) YANG DIBERI SEBUTAN CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI. DAN COACHING CLINIC YANG BERTAJUK FESTIVAL PELATIHAN SEPAKBOLA USIA DINI (GRASSROOTS FOOTBALL FESTIVAL) SEBAGAIMANA PANDUAN FIFA, SERTA TENTANG FAIR PLAY.
CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI
ADALAH SEBUAH MODE PEMBINAAN DENGAN MEMADUKAN PROGRAM PELATIHAN DAN PERTANDINGAN YANG BERSIFAT PERSEORANGAN MAUPUN TIM SSB YANG IKUT SERTA, DIDESAIN MSU UNTUK MEMBANGUN DASAR TEKNIK BERMAIN SEPAKBOLA DENGAN BAIK DAN BENAR.
DIMANA SEMUA PESERTA BERKUMPUL DENGAN BERKEMAH DISEBUAH TEMPAT DI KAKI
GUNUNG SELAMA EMPAT HARI, UNTUK MENGIKUTI SEMUA KEGIATAN PELATIHAN
MAUPUN PERTANDINGAN SEBAGAIMANA BERIKUT INI.
PENDEKATAN KOMPREHENSIF
SEMUA KEGIATANNYA MERUPAKAN BAGIAN DARI PEMBINAAN PEMAIN USIA DINI (U11 DAN U12), BERSIFAT KOMPREHENSIF KARENA MEMADUKAN KEGIATAN PELATIHAN TEKNIK DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SECARA BAIK DAN BENAR, DENGAN KEGIATAN PERTANDINGAN FESTIVAL SEPAKBOLA BERCIRI FUN.
DENGAN MEMBERIKAN KELELUASAAN BERMAIN KEPADA SETIAP PEMAIN UNTUK
MENGEKSPRESIKAN DIRINYA MASING-MASING SAAT BERMAIN SEPAKBOLA,
MEMPRAKTEKAN SEMUA HASIL LATIHAN YANG PERNAH DITERIMA DARI PELATIHNYA
MASING-MASING. SEHINGGA PELATIH SAAT ANAK DIDIKNYA
BERMAIN SEPAKBOLA LEBIH BERPERAN SEBAGAI PEMBIMBING DAN MENGARAHKAN
AGAR PEMAINNYA BISA TAMPIL MAKSIMAL PADA PERTANDINGAN YANG DIIKUTI TIM
ASUHANNYA.
TITIK KULMINASI PEMBINAAN DI AKHIR TAHUN
WAKTU PENYELENGGARAAN KEGIATAN CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI DI AKHIR TAHUN ATAU PADA BULAN DESEMBER DISETIAP TAHUNNYA, DIMAKSUDKAN SEBAGAI KEGIATAN PUNCAK PEMBINAAN DISEPANJANG TAHUN ATAU TITIK KULMINASI PEMBINAAN BAGI PESEPAKBOLA USIA DINI
SSB PESERTANYA. DAN UNTUK MENGEVALUASI PENAMPILAN PEMAIN SEJAUH MANA
PENCAPAIAN HASIL PROGRAM LATIHAN YANG TELAH DILAKUKAN DI MASING-MASING
SSB PESERTA DISEPANJANG TAHUN. DIMANA DALAM PELAKSANAANNYA JUGA DENGAN
MEMADUKAN ANTARA KEGIATAN BERMAIN SEPAKBOLA BAGI PARA PEMAIN DENGAN
LIBURAN BERSAMA KELUARGA DI AKHIR TAHUN ATAU SAMBIL MENYONGSONG TAHUN
BARU.
MEMBANGUN DASAR TEKNIK SEPAKBOLA, MENGASAH-MENINGKATKAN SKILL PEMAIN USIA DINI
CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI DIDESAIN MSU DENGAN KONSEP MEMADUKAN KEGIATAN PELATIHAN DAN PERTANDINGAN, UNTUK MEMBANGUN DASAR TEKNIK BERMAIN SEPAKBOLA, MELALUI KEGIATAN YANG BERTEMAKAN BERKEMAH-BERMAIN-BELAJAR-BERLATIH-BERLOMBA-BERTANDING, UNTUK MENGASAH DAN MENINGKATKAN SKILL PESEPAKBOLA SSB PESERTA, DENGAN SEBUAH AJAKAN KEPADA SEMUA PIHAK YANG PEDULI TERHADAP SEPAKBOLA DI TANAH AIR, MARI BERSAMA MEMAJUKAN SEPAKBOLA USIA DINI INDONESIA.
SEMINAR DAN REFRESHING
AGAR TUJUAN DISELENGGARAKANNYA CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI DAPAT TERCAPAI, MAKA SATU BULAN SEBELUMNYA DILAKUKAN TERLEBIH DAHULU SEMINAR BAGI MANAJER TIM DAN PELATIH SSB PESERTA. DENGAN TUJUAN UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN, PENGETAHUAN SERTA KEMAMPUAN DIDALAM MENANGANI ORGANISASI DAN MEMBINA PEMAIN USIA DINI.
UNDIAN GRUP DAN PERTEMUAN MANAJER
SEUSAI SEMINAR-REFRESHING DILANJUTKAN DENGAN UNDIAN GRUP DAN MENETAPKAN JADWAL PERTANDINGAN, KEMUDIAN DITERUSKAN
DENGAN PERTEMUAN MANAJER UNTUK MEMBAHAS PERATURAN KHUSUS PERTANDINGAN
DAN HAL-HAL LAIN YANG BERKAITAN DENGAN PERSIAPAN TEKNIS PENYELENGGARAAN
DAN MEMPERKUAT PEMAHAMAN ATAS PENYELENGGARAAN KEGIATAN YANG AKAN
DIIKUTINYA.
SKRINING
SKRINING PEMAIN PADA CAMPFESTIVAL MENGUTAMAKAN KEJUJURAN SEMUA PIHAK YANG TERLIBAT DIDALAM KEGIATAN PERTANDINGAN KELOMPOK USIA. SKRINING ADMINISTRASI DAN PEMERIKSAAN FISIK SEBAGAIMANA UMUM DILAKUKAN, YANG LOLOS SKRINING MENDAPATKAN KARTU IDENTITAS PEMAIN PESERTA CAMPFESTIVAL.
PERTEMUAN TEKNIK
SEBELUM PERTANDINGAN DILAKUKAN PERTEMUAN TEKNIK UNTUK MENYAMAKAN PERSEPSI TENTANG SEMUA HAL YANG ADA KAITANNYA DENGAN PERTANDINGAN BERDASARKAN PERATURAN KHUSUS PERTANDINGAN MAUPUN TATA TERTIB YANG BERLAKU BAGI PESERTA DAN MENGESAHKAN PEMAIN SESUAI HASIL SKRINING YANG DILAKUKAN SEBELUMNYA.
COACHING CLINIC
SEBELUM DILAKUKAN PERTANDINGAN DILAKUKAN TERLEBIH DAHULU DILAKUKAN COACHING CLINIC BAGI PARA PEMAIN, DENGAN TEMA GUNAKAN KAKI KIRI DAN KANANMU SAAT BERMAIN SEPAKBOLA, SENTUH DENGAN KAKI BAGIAN DALAM, LUAR DAN ATAS (KURA), SERTA MEMBANGUN KULTUR SEPAKBOLA TERENCANA,
UNTUK MEMBIASAKAN SEBELUM MENERIMA BOLA DARI KAWANNYA IA SUDAH MEMILIKI
RENCANA KEMANA BOLA ITU AKAN DITERUSKAN, ATAU KEPADA KAWAN LAIN MANA IA
AKAN MENERUSKAN BOLA.
PERTANDINGAN
UNTUK PEMAIN USIA DINI, 11- 12 TAHUN BISA DILAKUKAN PERTANDINGAN 7 LAWAN 7 ATAU 9 LAWAN 9. DENGAN SISTIM PERTANDINGAN SETENGAH KOMPETISI. SSB PESERTA DAPAT DIBAGI DALAM GRUP-GRUP SESUAI JUMLAH PESERTA, 16 ATAU 32 SSB DAN SKEMA PERTANDINGAN YANG SESUAI JUMLAH GRUP. DALAM DURASI WAKTU PERTANDINGAN 2 X 20 ATAU 2 X 30 MENIT
SEBAGAIMANA KETENTUAN PERATURAN PERMAINAN KHUSUS UNTUK PEMAIN BERUSIA
10 DAN 12 TAHUN DAN DIKOMBINASIKAN DENGAN KETENTUAN MANUAL BPPUM PSSI,
SEPERTI TENTANG PENGGANTIAN PEMAIN YANG MENGHARUSKAN SEMUA PEMAIN YANG
TERDAFTAR HARUS TURUN BERMAIN. PADA CAMPFESTIVAL TIDAK ADA ISTILAH JUARA TETAPI TIM TERBAIK.
KONTES DAN LOMBA
SEBELUM
PERTANDINGAN ATAU DAPAT DILAKUKAN DISELA-SELA WAKTU JADWAL PERTANDINGAN,
DILAKUKAN KONTES KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA DAN KONTES
MANIMANG-NIMANG BOLA, KEMUDIAN LOMBA 1 LAWAN 1, 2 LAWAN 2 DAN 3 LAWAN 3.
DENGAN TUJUAN UNTUK MENGASAH DAN MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK
BERMAIN SEPAKBOLA.
KHUSUS LOMBA 1
LAWAN 1 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA MELEWATI LAWAN
BERMAIN. LOMBA 2 LAWAN 2 DAN LOMBA 3 LAWAN 3 DISAMPING UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA MELEWATI LAWAN BERMAIN JUGA UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA 1-2 SENTUHAN DENGAN KAWAN SATU TIM
UNTUK MELEWATI LAWAN BERMAIN.
DENGAN KETENTUAN
SEMUA PESERTA LOMBA DIHARUSKAN MENGGUNAKAN KAKI KIRI DAN KANAN,
MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM, LUAR DAN ATAS (KURA).
KAMPANYE FAIR PLAY DAN KARTU HIJAU
SELAMA BERLANGSUNGNYA CAMPFESTIVAL DILAKUKAN KAMPANYE FAIR PLAY DENGAN TUJUAN AGAR PARA PEMAIN SEJAK USIA DINI SUDAH DIPERKENALKAN TENTANG BERMAIN FAIR PLAY DISETIAP KALI BERTANDING, MENGHORMATI (RESPEK) TERHADAP LAWAN BERTANDING, MENGHORMATI PERATURAN PERMAINAN ATAU PERATURAN PERTANDINGAN, MENGHORMATI (TAAT) TERHADAP KEPUTUSAN WASIT. UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP BERMAIN UNTUK MENANG TAPI DENGAN CARA SPORTIF, JUGA AGAR SETIAP PEMAIN MEMILIKI KARAKTER BERMAIN SEPAKBOLA DENGAN BAIK DAN BENAR.
PETUNJUK, TATA TERTIB DAN SKENARIO COACHING CLINIC, KONTES, LOMBA
UNTUK SEMUA KEGIATAN PELATIHAN DALAM CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI, DISIAPKAN PANDUAN TEKNIS BERUPA PETUNJUK, TATA TERTIB DAN SKENARIO COACHING CLINIC, KONTES DAN LOMBA YANG AKAN DIIKUTI OLEH PEMAIN SSB PESERTA. KHUSUS UNTUK COACHING CLINIC SEMUA PELATIH YANG MENANGANI TIM SSB PESERTA BERTINDAK SEBAGAI PEMANDU LATIHAN ATAU PELATIH PENDIDIK,
DENGAN KETENTUAN SALING BERTUKAR MEMANDU LATIHAN DIANTARA SSB PESERTA,
JADI SETIAP PEMAIN SSB YANG SATU DIPANDU OLEH PELATIH DARI SSB LAIN.
PERATURAN KHUSUS PERTANDINGAN
PERATURAN KHUSUS PERTANDINGAN
ADALAH SEBUAH PERATURAN YANG DISUSUN KHUSUS UNTUK MENGATUR SEBUAH
RANGKAIAN PERTANDINGAN DALAM HAL INI PERTANDINGAN CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI,
DISUSUN DENGAN MEMPERHATIKAN MASUKAN-MASUKAN DARI SSB PESERTA, SEBAGAI
PERWUJUDAN KEPEDULIAN DAN TANGGUNG JAWAB BERSAMA TERHADAP PEMBINAAN SEPAKBOLA USIA DINI,
DIMANA UNTUK MEMELIHARA KEAMANAN DAN KETERTIBAN AGAR PENYELENGGARAAN
PERTANDINGAN DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK, TERTIB, AMAN SERTA LANCAR, MAKA
SEMUA MANAJER TIM BERTINDAK SEBAGAI PENANGGUNG JAWAB KEAMANAN DARI
ROMBONGAN SSB NYA MASING-MASING.
PETUNJUK, TATA TERTIB MENGIKUTI CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI
UNTUK MEMBANGUN KEBERSAMAAN, MEMBERIKAN KENYAMANAN DAN KETERTIBAN BAGI SEMUA ELEMEN YANG TERLIBAT DALAM PERHELATAN CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI DAN SELAMA BERADA DI BUMI PERKEMAHAN, DENGAN MEMPERHATIKAN PULA MASUKAN-MASUKAN SSB PESERTA.
FORMULIR KOMENTAR PELATIH
DISETIAP SELESAI PERTANDINGAN, MULAI PERTANDINGAN BABAK PERTAMA SAMPAI BABAK FINAL CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI, PARA PELATIH SSB PESERTA DIMINTA MENGISI FORMULIR
KOMENTAR PELATIH, UNTUK MENGOMENTARI PENAMPILAN TIM SSBNYA SENDIRI
MAUPUN PENAMPILAN SSB LAWANNYA. KOMENTAR PELATIH DAN DISKUSI PELATIH
MERUPAKAN BAHAN PENYUSUNAN LAPORAN TEKNIK (TECHNICAL REPORT).
DISKUSI PELATIH DAN PEMUTARAN FILM
DISKUSI PELATIH UNTUK MEMBAHAS ISIAN FORMULIR KOMENTAR PELATIH DAN PEMUTARAN FILM LATIHAN TEKNIK DASAR BERMAIN SEPAKBOLA BAGI PELATIH MAUPUN PEMAIN, DILAKUKAN MALAM HARI, UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG BERBAGAI TEKNIK DASAR BERMAIN SEPAKBOLA.
KUIZ
DISELA-SELA KEGIATAN CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI, DIEDARKAN FORMULIR KUIZ YANG DIPERUNTUKAN BAGI PEMAIN SSB PESERTA DENGAN TUJUAN UNTUK MENGETAHUI SEJAUH MANA PENGETAHUAN DASAR TENTANG SEPAKBOLA YANG DIMILIKI OLEH PEMAIN SSB PESERTA.
FORMULIR KOMENTARA PESERTA
SEUSAI PENYELENGGARAAN CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI, PARA MANAJER TIM SSB PESERTA DIMINTA UNTUK MENGISI FORMULIR KOMENTAR PESERTA,
SEPERTI TENTANG KEKURANGAN YANG ADA SELAMA KEGIATAN BERLANGSUNG. DENGAN
DEMIKIAN PENYELENGGARA BISA MENGETAHUI SEGALA KEKURANGAN YANG DIRASAKAN
DAN DIALAMI PARA SSB PESERTA, SEHINGGA AKAN MENJADI BAHAN PERBAIKAN
UNTUK PENYELENGGARAAN CAMPFESTIVAL BERIKUTNYA.
KEHIDUPAN BERKEMAH DAN BAZAR
MENJALANI KEHIDUPAN SEDERHANA
MENYENANGKAN SELAMA EMPAT HARI, MENIKMATI SUASANA KEBERSAAMAAN DIANTARA
PESERTA YANG BERASAL DARI BERBAGAI DAERAH, DENGAN PANORAMA INDAH DAERAH PEGUNUNGAN, UDARA SEJUK, BERSIH JAUH DARI POLUSI MAUPUN KEBISINGAN, BELUM LAGI BISA MENAMBAH HB BAGI PEMAIN PESERTA.
WALAU BERKEMAH JAUH DARI KERAMAIN TAPI MEMILIKI FASILITAS BAZAR
YANG BISA MENYEDIAKAN KEBUTUHAN MAKANAN DAN MINUMAN SEHARI-HARI UNTUK
800-1600 ORANG YANG TERLIBAT DALAM PERHELATAN, PEMAIN, OFISIAL TIM,
KELUARGA PEMAIN, PENGURUS SSB, OFISIAL PERTANDINGAN, PETUGAS DAN
PENYELENGGARA PERTANDINGAN.
PERSIAPAN MENGIKUTI BERBAGAI KEGIATAN DI TAHUN BERIKUTNYA
DENGAN MENGIKUTI KEGIATAN PELATIHAN MAUPUN PERTANDINGAN CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI
YANG DILAKUKAN DI PENGHUJUNG TAHUN, DIHARAPKAN MENJADIKAN BEKAL SEMUA
PESERTA PERSEORANGAN DAN TIM SSB DALAM MEMPERSIAPKAN DIRI MENGIKUTI
BERBAGAI KEGIATAN SELEKSI, PELATIHAN, PERTANDINGAN BAGI PEMAIN ATAU TIM
SSB YANG DIIKUTI TAHUN BERIKUTNYA SUPAYA HASILNYA LEBIH BAIK DARI
KEGIATAN TAHUN SEBELUMNYA.
FESTIVAL PELATIHAN SEPAKBOLA USIA DINI (GRASSROOTS FOOTBALL FESTIVAL)
LANDASAN, FILOSOFI SEPAKBOLA USIA DINI (PHILOSPHY OF GRASSROOTS FOOTBALL), SEBAGAIMANA DISAMPAIKAN PADA HALAMAN 5-6 DIATAS TENTANG FIFA GRASSROOTS.
FESTIVAL PELATIHAN SEPAKBOLA USIA DINI : PERATURAN PERMAINAN, PERLENGKAPAN, TEKNIK DASAR DAN PELATIH PENDIDIK.
TENTANG PERATURAN PERMAINAN :
BERMAIN DI LAHAN
TERBATAS (SMALL SIDE GAME), DENGAN UKURAN LAPANGAN : 4 LAWAN 4 > 12 X
20 M (15 X 25 M); 5 LAWAN 5 > 20 X 20 M (25 X 35 M); 7 LAWAN 7 > 30 X 45 M (35 X 50); 9 LAWAN 9 > 45 X 60 M (50 X 67M).
FORMAT MITRA TANDING :
6-8 TAHUN
> 4 LAWAN 4 TANPA PENJAGA GAWANG > 12 X 20 M >> 4 LAWAN 4
DENGAN PENJAGA GAWANG (3 + 1)> 15 X 25 M >> 5 LAWAN 5 > 20 X
30/25 X 35 M.
8-10 TAHUN
> 4 LAWAN 4 TANPA PENJAGA GAWANG > 12 X 20 M >> 4 LAWAN 4
DENGAN PENJAGA GAWANG (3 + 1) > 15 X 25 M >> 5 LAWAN 5 > 20 X
30 M/25 X 35 M >> 7 LAWAN 7 > 20 X 45 M/35 X 50 M.
10-12 TAHUN
> 4 LAWAN 4 TANPA PENJAGA GAWANG > 12 X 20 M >> 4 LAWAN 4
DENGAN PENJAGA GAWANG (3 + 1) > 15 X 25 M >> 4 LAWAN 4 DENGAN
PENJAGA GAWANG (3 + 1) 15 X 25 M >> 5 LAWAN 5> 20 X 30/25 X 35 M
>> 7 LAWAN 7 > 20 X 45 M/35 X 50 M >> 9 LAWAN 9 > 45 X
60M/50 X 67 M.
MODEL MITRA TANDING :
3 TIM 2 PUTARAN >> PUTARAN 1 >> NP. 1 : A - B > NP. 2 : C - A > NP.3 : B - C.
PUTARAN 2 >> NP. 4 : B - A > NP. 5 : A - C > NP. 6 : C - B. >> 4 PERTANDINGAN SETIAP TIM.
4 TIM 1 PUTARAN >> NP. 1 : A - B > NP.2 : C - D > NP3. : B - C > NP. 4 : D - A > NP. 5 : B - D > NP, 6 : A - C. >> 3 PERTANDINGAN SETIAP TIM.
PERLENGKAPAN :
TIANG GAWANG : 3 X 2
M >> BOLA : 6 - 10 TAHUN > UKURAN NO. 3 ATAU NO. 4, MAKSIMUM
290 GRAM. > 11 - 12 TAHUN > UKURAN NOMOR 4.
GARIS LAPANGAN :
MENGGUNAKAN GARIS TENGAH DAN GARIS PENALTI, UNTUK MITRA TANDING 5 LAWAN
5, 7 LAWAN 7, 9 LAWAN 9. >> TANPA MENGGUNAKAN GARIS PENALTI UNTUK
PERTANDINGAN 4 LAWAN 4.
TENTANG TEKNIK DASAR :
KONTROL BOLA
MENGGUNAKAN DADA, DITERUSKAN DENGAN MENGUMPAN BOLA. > KONTROL BOLA
MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DEPAN, DITERUSKAN DENGAN MENGUMPAN BOLA. >
KONTROL BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM, DITERUSKAN DENGAN MENGUMPAN
BOLA. > KONTROL BOLA MENGGUNAKAN PAHA, DITERUSKAN DENGAN MENGUMPAN
BOLA. > KONTROL BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN BAWAH, DITERUSKAN DENGAN
MENGUMPAN BOLA. > MENIMANG-NIMANG BOLA. > MENGUMPAN BOLA,
MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM. > MENGGIRING BOLA, MENGGUNAKAN KAKI
BAGIAN DALAM, LURUS, BERKELOK. > MENENDANG BOLA KE ARAH GAWANG,
MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM. > TENDANGAN VOLI KE ARAH GAWANG.
PELATIH PENDIDIK (COACH EDUCATOR)
MEMBERIKAN
PERHATIAN PADA ELEMEN PERMAINAN DAN MENGORGANISIR BANYAK BERMAIN DI
LAHAN TERBATAS (SMALL SIDE GAMES/SMALL MATCHES). > BERTANGGUNG JAWAB
ATAS KESELAMATAN DAN MEMBERIKAN PERTOLONGAN PADA KESEMPATAN PERTAMA.
> PENDEKATAN TERHADAP SEMUA ASPEK LATIHAN. > MENYEDIAKAN SEPENUH
WAKTU KETIKA MELAKSANAKAN TUGAS MELATIH. > MENGINGATKAN APA YANG
HARUS DILAKUKAN PESEPAKBOLA USIA DINI
DENGAN ORANG TUA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SEPAKBOLA. > MELAKUKAN
AKTIVITAS UNTUK MEMBERIKAN INSTRUKSI DAN LATIHAN BAGI PESEPAKBOLA USIA DINI. > MEMBERIKAN INSTRUKSI DENGAN MELAKUKAN ADAPTASI DENGAN PESEPAKBOLA USIA DINI DISETIAP JENJANG. > MENDENGARKAN PENDAPAT PESEPAKBOLA USIA DINI.
> MEMBIMBING PESEPAKBOLA USIA DINI DENGAN CARA MEMPERAGAKAN TEKNIK
DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SEBAGAI MODEL CONTOH. > MEMBANTU PESEPAKBOLA USIA DINI AGAR TUMBUH SECARA ALAMI.
PELAKSANAAN FESTIVAL PELATIHAN :
DAPAT DILAKSANAKAN SEHARI.
DURASI WAKTU 4 JAM ATAU 5 JAM BILA PESERTANYA BANYAK (WAKTU MITRA TANDING YANG LEBIH PANJANG KARENA BERGILIRAN TEMPAT).
MENGGUNAKAN 2 LAPANGAN TEMPAT
PELATIHAN DENGAN MEMBAGI 2 LAPANGAN UKURAN UNTUK ORANG DEWASA, MENJADI
LAPANGAN UNTUK UKURAN ANAK-ANAK 10 DAN 12 TAHUN.
MULAI PUKUL 06.00 S/D 10.00/11.00.
JADWAL KEGIATAN :
06.00 – 06.30 : REGISTRASI PESERTA.
06.30 – 07.00 : PERSIAPAN, PEMBUKAAN.
07.00 – 08.30 : PELATIHAN.
08.30 – 09.00 : MITRA TANDING (FUN GAMES).
(S/D 10.00) : (BILA BANYAK PESERTANYA).
09.30 – 10.00 : PENUTUPAN, PEMBERIAN SERTIFIKAT.
BERTEMPAT DI STADION SEPAKBOLA YANG MEMILIKI TRIBUN.
KETENTUAN, SETIAP PESERTA MEMBAWA BOLA SENDIRI, MENGGUNAKAN SEPATU BOLA DAN MENGGUNAKAN KAOS SERAGAM FESTIVAL PELATIHAN.
FIFA FAIR PLAY
SEJAK PIALA DUNIA TAHUN 1990 DI ITALIA, FIFA SUDAH SANGAT GENCAR MEMPROPAGANDAKAN FAIR PLAY, DIMANA LOGO SECARA RESMI FAIR PLAY YANG DIKENAL DENGAN SLOGAN “MY GAME IS FAIR PLAY” DIUMUMKAN PADA TAHUN 1993.
DI PIALA DUNIA TAHUN 1994 DI AS, FIFA BAHKAN MENGUMUMKAN, SEGALA TINDAKAN TIDAK FAIR PLAY
AKAN MENDAPAT HUKUMAN KERAS, LEWAT SANKSI YANG DIJATUHKAN KOMISI
DISIPLIN. SEJAK SAAT ITU, SETIAP PESERTA PIALA DUNIA, DARI KELOMPOK USIA
HINGGA SENIOR, DIMINTA UNTUK MENANDA TANGANI “DEKLARASI FAIR PLAY.”
KODE ETIK FAIR PLAY FIFA
KODE ETIK FAIR PLAY TELAH DIBUAT FIFA AGAR KEHIDUPAN OLAHRAGA SEPAKBOLA SENANTIASA DILANDASI MORAL DAN ETIKA. SELURUH INSAN SEPAKBOLA DI INDONESIA DIWAJIBKAN UNTUK MEMATUHI 10 ATURAN YANG DISEBUT “GOLDEN RULE” ATAU “ATURAN EMAS,” YAKNI :
1. MAIN UNTUK MENANG :
DILARANG ADA TIM YANG MERENCANAKAN UNTUK KALAH SEBELUM BERTANDING, KARENA HAL ITU MELANGGAR KAIDAH-KAIDAH YANG PALING TINGGI DI PERTANDINGAN OLAHRAGA, YAKNI MERAIH KEMENANGAN.
DILARANG ADA TIM YANG MERENCANAKAN UNTUK KALAH SEBELUM BERTANDING, KARENA HAL ITU MELANGGAR KAIDAH-KAIDAH YANG PALING TINGGI DI PERTANDINGAN OLAHRAGA, YAKNI MERAIH KEMENANGAN.
2. BERMAIN DENGAN JUJUR DAN ADIL :
BAIK BURUKNYA NILA SEBUAH PERTANDINGAN, DITENTUKAN SEBERAPA BESAR NILAI SPORTIVITAS YANG ADA DI DALAMNYA .
3. MENTAATI ATURAN PERTANDINGAN :
TANPA ADA ATURAN YANG JELAS, TENTU AKAN TIMBUL KEKACAUAN. ATURAN DI SEPAKBOLA, SANGAT SEDERHANA DAN MUDAH DIPELAJARI.
4. MENGHORMATI TIM LAWAN, REKAN SATU TIM, WASIT, OFISIAL, PENGAWAS PERTANDINGAN DAN PENONTON :
FAIR PLAY BERARTI RESPEK. SEBAB
TANPA ADA TIM LAWAN, TENTU SAJA TIDAK ADA PERTANDINGAN. KEDUA TIM HARUS
MEMILIKI HAK SAMA, TERMASUK HAK UNTUK DIHARGAI ATAU DIHORMATI. SEMUA
PEMAIN DI DALAM TIM HARUS DIPERLAKUKAN SETARA.
5. MENERIMA KEKALAHAN DENGAN JIWA BESAR :
BELAJARLAH MENERIMA KEKALAHAAN
DENGAN JIWA BESAR. JANGAN MENCARI KAMBING HITAM ATAS KEKALAHAN ITU,
SEBAB ALASAN SEJATI DARI SEBUAH KEKALAHAN ADALAH BAHWA TIM LAWAN LEBIH
TANGGUH.
6. AKTIF IKUT MEMPROMOSIKAN SEPAKBOLA :
SEGENAP INSAN SEPAKBOLA DIWAJIBKAN
IKUT MEMPROMOSIKAN SEPAKBOLA DARI SISI POSITIF, HINGGA CITRA DAN
REPUTASI OLAHRAGA INI TERUS TERJAGA DENGAN BAIK. CITRA YANG BAIK AKAN
MENDORONG PERCEPATAN MAJUNYA PRESTASI SEPAKBOLA DISUATU NEGARA.
7. TOLAK
SUAP DAN KORUPSI, NARKOBA ATAU DOPING, RASISME, TINDAK KEKERASAN DAN
HAL-HAL BERBAHAYA LAINNYA YANG BISA MERUSAK SEPAKBOLA :
NARKOBA MEMANG TIDAK PERNAH
MEMILIKI TEMPAT DI SEPAKBOLA, ATAU OLAHRAGA MANAPUN DI LINGKUNGAN KITA.
DEMIKIAN PULA DENGAN RASISME. TOLAK DENGAN TEGAS TINDAK KEKERASAN DALAM
BENTUK APAPUN DI SEPAKBOLA, TERMASUK DARI PENDUKUNG (PENONTON).
SEPAKBOLA ADALAH OLAHRAGA DAN OLAHRAGA ADALAH DAMAI!
8. BANTU ORANG LAIN AGAR KUAT MENGHADAPI GODAAN UNTUK MELAKUKAN KORUPSI ATAU SUAP :
BERIKAN KEKUATAN MORIL AGAR ORANG BERANI MENOLAK AJAKAN MELAKUKAN KORUPSI ATAU SUAP. SELALU INGATKAN KOMITMENNYA TERHADAP REKAN SATU TIM, ATAU KEPADA PERTANDINGAN ITU SENDIRI. SEBUAH SOLIDARITAS YANG KUAT, IBARAT PERTAHANAN TANGGUH DALAM PERTANDINGAN SEPAKBOLA.
BERIKAN KEKUATAN MORIL AGAR ORANG BERANI MENOLAK AJAKAN MELAKUKAN KORUPSI ATAU SUAP. SELALU INGATKAN KOMITMENNYA TERHADAP REKAN SATU TIM, ATAU KEPADA PERTANDINGAN ITU SENDIRI. SEBUAH SOLIDARITAS YANG KUAT, IBARAT PERTAHANAN TANGGUH DALAM PERTANDINGAN SEPAKBOLA.
9. UMUMKAN SIAPAPUN YANG MERUSAK SEPAKBOLA :
JANGAN RAGU UNTUK MENGUMUMKAN ORANG-ORANG YANG KITA YAKINI TELAH MELAKUKAN BERBAGAI TINDAKAN CURANG. LEBIH MENGEKSPOS DAN MENGENYAHKAN MEREKA, DARIPADA MEMBIARKAN MEREKA SEMAKIN MENIMBULKAN KERUSAKAN BESAR HINGGA KIAN MERUSAK CITRA SEPAKBOLA.
JANGAN RAGU UNTUK MENGUMUMKAN ORANG-ORANG YANG KITA YAKINI TELAH MELAKUKAN BERBAGAI TINDAKAN CURANG. LEBIH MENGEKSPOS DAN MENGENYAHKAN MEREKA, DARIPADA MEMBIARKAN MEREKA SEMAKIN MENIMBULKAN KERUSAKAN BESAR HINGGA KIAN MERUSAK CITRA SEPAKBOLA.
10. MEMBERIKAN PENGHARGAAN KEPADA INSAN SEPAKBOLA YANG BERHASIL MEMPERTAHANKAN REPUTASI BAGUS SEPAKBOLA :
REPUTASI BAIK SEPAKBOLA BISA TERUS
BERTAHAN BERKAT SIKAP ATAU TINDAKAN ORANG YANG MENCINTAI OLAHRAGA INI,
YANG MENJUNJUNG TINGGI KEJUJURAN DAN KEADILAN. KEPADA ORANG YANG
MELAKUKAN TINDAKAN FAIR PLAY LUAR
BIASA, LAYAK MENDAPAT PENGHARGAAN KHUSUS. MEREKA DIHARGAI AGAR MENJADI
TELADAN BAGI SIAPAPUN. DIHARAPKAN SEMUA ORANG AKAN MENIRUNYA, DAN JUGA
AKAN MENJADI PROMOSI YANG BAGUS BUAT SEPAKBOLA ITU SENDIRI.
PENUTUP
SETELAH MENJELAJAH BERBAGAI PANDUAN TENTANG CARA MENANGANI PEMBINAAN PEMAIN USIA DINI, MULAI DARI YANG MENYANGKUT TENTANG FILOSOFIS, PELATIHAN, PERTANDINGAN, PERPADUAN PELATIHAN DAN PERTANDINGAN, SAMPAI TENTANG FAIR PLAY, YANG BERSUMBER DARI FIFA, AFC, PSSI DAN MSU.
TENTUNYA DAPAT MENAMBAH PENGETAHUAN TENTANG CARA MEMBINA PEMAIN USIA DINI, MELALUI PENGETAHUAN YANG DIDAPAT DARI PANDUAN TERSEBUT SEHINGGA AKAN DAPAT MENINGKATKAN LAGI CARA MENANGANI PEMBINAAN PESEPAKBOLA CILIK.
WALAU MENGENAI
PENGELOMPOKAN USIA PEMAIN MEMANG ADA PERBEDAAN, ADA YANG MULAI DARI
USIA 5 DAN 6 TAHUN, USIA TERTUA ADA YANG SAMPAI 12 DAN 13 TAHUN, ITU
BISA DILAKUAN PENGATURAN TERSENDIRI. TETAPI PANDUAN FIFA MENGENAI PENGELOMPOKAN PEMAIN USIA DINI (GRASSROOTS), USIA 6 TAHUN SAMPAI USIA 12 TAHUN, INI YANG KITA IKUTI BILA MELAKUKAN KEGIATAN SEPAKBOLA USIA DINI ATAU GRASSROOTS.
SETELAH MENERIMA PENGETAHUAN DIATAS BUKAN BERARTI KITA BERHENTI BELAJAR SAMPAI DISITU, KARENA INI BARU MENGANTARKAN KE “PINTU GERBANG PENGETAHUAN,” MENGINGAT YANG DISAMPAIKAN BARU PRINSIP-PRINSIPNYA SAJA, JADI SETELAH USAI MENGIKUTI PEMBELAJARAN, “DISEBERANG JEMBATAN EMAS” ITULAH KITA MELANJUTKAN PENJELAJAHAN, ATAU BERBURU UNTUK MENGGALI PENGETAHUAN UNTUK MEMPELAJARI SEUTUHNYA DARI SUMBER MASING-MASING PANDUAN.
SEBAGAI CONTOH MISALNYA DALAM SILABUS KURIKULUM DAN MATERI KURSUS PELATIH LISENSI D, YANG MERUPAKAN PANDUAN UTAMA PARA PELATIH PEMAIN USIA DINI, BANYAK HAL YANG HARUS DIPERDALAM.
SEPERTI MISALNYA “KOMUNIKASI YANG EFEKTIF BAGI PELATIH.”
APAKAH PARA PELATIH SAMA BAIKNYA KETIKA MENERIMA PESAN DENGAN
MENYAMPAIKAN PESAN?, DAN APAKAH IA SUDAH MEMPERDALAM PENGETAHUAN TENTANG
MENDENGAR LAWAN BICARA?.
KEMUDIAN APAKAH KETIKA MELATIH
TEKNIK DAN SKILL, “PASSING DAN SUPPORT,” APAKAH SUDAH KEDUANYA
DILATIHKAN ATAU BARU MELATIHKAN PASSING SAJA TANPA MELATIHKAN SUPPORT?.
KEMUDIAN JUGA KETIKA MELATIH
TAKTIK, “LATIHAN TAKTIK BERTAHAN DAN LATIHAN TAKTIK MENYERANG,” APAKAH
SUDAH MELENGKAPINYA DENGAN LATIHAN TRANSISI?
BERBEDA DENGAN PANDUAN-PANDUAN DIATAS YANG UMUMNYA DISAMPAIKAN PRINSIP-PRINSIPNYA SAJA, TETAPI YANG MENYANGKUT TENTANG CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI DAN FESTIVAL PELATIHAN SEPAKBOLA USIA DINI
YANG DISAMPAIKAN BUKAN SAJA PRINSIP-PRINSIPNYA, TETAPI SUDAH MERUPAKAN
GARIS BESARNYA YANG DAPAT DIJADIKAN PANDUAN UNTUK MELAKSANAKAN KEGIATAN
SEPERTI ITU.
BILA PANDUAN ITU SEMUA SUDAH BISA DIKUASAI DENGAN BAIK, HAL ITU AKAN MEMBUAT KITA BISA BEKERJA DENGAN SISTIMATIS, TERARAH, MENINGKATKAN BOBOT LATIHAN DAN CARA MENANGANI PEMAIN SEPAKBOLA USIA DINI, SEMUA PROGRAM KEGIATAN
PEMBINAAN TERINTEGRASI, TERPADU, DIDUKUNG PUSAT DATA PEMAIN YANG
DIKELOLA BADAN OTORITAS SEPAKBOLA NASIONAL, ITU SEMUA BISA DIJADIKAN
MODAL “MEMBANGUN FONDASI PEMBINAAN SEPAKBOLA USIA DINI YANG LEBIH KOKOH UNTUK MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN SEPAKBOLA INDONESIA.”
CIMAHI, 11 AGUSTUS 2012.
PENYAJI :
M. ACHWANI.
SUMBER PUSTAKA :
1. FIFA GRASSROOTS, 2012.
2. VISION ASIA- VISION INDONESIA, 2008.
3. PERATURAN ORGANISASI PSSI NOMOR : 02/PO-PSSI/2012 TENTANG KOMPETISI, 2012.
4. SILABUS KURIKULUM DAN MATERI KURSUS PELATIH LESENSI D, 2009.
5. C LICENCE COACHING AWARD, BIDANG/DEPARTEMEN TEKNIK PSSI, 1999.
6. PERATURAN PERMAINAN KHUSUS PEMAIN BERUSIA 10 TAHUN, 5 V 5 (SATU TIM 5 PEMAIN), PSSI, 2002.
7. PERATURAN PERMAINAN KHUSUS PEMAIN BERUSIA 12 TAHUN, 7 V 7 (SATU TIM 7 PEMAIN, PSSI, 2002,
8. MANUAL BPPUM PSSI, 2011.
9. KURIKULUM & PEDOMAN DASAR SEPAKBOLA INDONESIA, 2012.
10. TENTANG CAMPFESTIVAL SEPAKBOLA USIA DINI, 2012.
11. FESTIVAL PELATIHAN SEPAKBOLA USIA DINI (GRASSROOTS FOOTBALL FESTIVAL), 2012.
12. FIFA FAIR PLAY, PSSI, 2003.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar